KODE ETIK DESIGNER DI 99DESIGNS.

99designer merupakan sebuah komunitas yang sangat besar dan bisa dikatakan komunitas designs global, yang didalamnya terdapat puluhan ribu designer dari berbagai negara. bisa untuk memperkecil masalah-masalah yang akan timbul oleh sebab itu 99designs membuat sebuah kode etik yang harus di patuhi oleh semua anggota komunitas 99designs. bagi anggota yang dengan sengaja melanggar kode etik 99designs akan mendapatkan sangsi-sangsi yang telah di tetapkan.


indonesia ,merupakan negera dengan anggota aktif 99designs terbanyak dunia. banyak designer-designer hebat lahir dari 99designs. tetapi banyak dari mereka yang sampai sekarang yang belum mengetahui apa itu kode etik yang telah di keluarkan oleh 99designs oleh karena itu banyak designer yang tanpa sepengetahuan melanggar kode etik 99designs. padahal pada awal pendaftaran akun 99designs semua desinger diwajibkan terlebih dahulu mambaca dan memahami kode etik 99designs.
disini saya akan mempermudah buat pada designer yang merasa kesulitan memahami kode etik 99designs karena bertuliskan dalam bahasa inggris. disini saya uraikan kode etik dalam bahasa Indonesia.


KODE ETIK DESIGNER




1. Menghormati Komunitas 99designs



99designs adalah komunitas global yang menyatukan kelompok masyarakat yang berbeda. Untuk komunitas yang besar seperti ini, akan ada perbedaan pendapat. Tetapi ketika kita tidak setuju, setiap anggota harus saling menghormati perbedaan pendapat masing-masing.Untuk membantu dan menuntun anggota berpartisipasi dalam komunitas 99designs, kami telah menyusun aturan-aturan sederhana untuk ditaati. Pelanggaran terhadap aturan-aturan tersebut akan mengakibatkan tindakan disiplin seperti suspensi atau ban.

2. Menghormati Semua Anggota Komunitas


Benar – saling menghormati adalah aturan nomor satu. Perilaku negatif, agresif, atau menyerang didepan umum atau secera pribadi tidak akan ditolerir. Jika anda ingin melaporkan tingkah laku sesama anggota yang bertindak tidak pantas, silahkan menggunakan tombol “Report Contest” atau “Report Designer” atau silahkan menghubungi bantuan Support dengan mengisi formulir kontak.

3. Cara Kerja Asli


Menjiplak sebagian atau secara keseluruhan dari sumber lain didalam atau diluar komunitas 99designs tidak akan ditolerir. Jika anda menggunakan gambar yang berasal dari kepustakaan umum untuk desain anda, anda harus memiliki hak penggunaan, dan hak tersebut haru dicantumkan pada saat desain anda dimasukkan. Silahkan lihat Aturan Konsep Keaslian dan Aturan Stock untuk informasi lebih lanjut.

4. Bersaing dengan Jujur dan Adil


Jangan salah mewakilkan diri anda atau orang lain didepan umum ataupun secara pribadi. Jangan pernah mencoba mempengaruhi klien dangan cara mengkritik desainer lain atau menawarkan jasa cuma-cuma asalkan mereka memilih desain anda. Anda bisa saja membina hubungan dengan klien di luar 99designs, akan tetapi anda tidak bisa menggunakan hubungan tersebut sebagai bagian dari taktik anda untuk memenangkan kontes.

Saya tidak akan:

Memasukan desain orang lain yang dijiplak sebagian atau seluruhnya
Mengkritik didepan umum desainer lain, klien, atau staf 99designs
Membuka lebih dari satu akun
Terlibat dalam pemalsuan

Saya akan:

Menghormati terhadap komunitas dan aturan yang berlaku
Memasukkan hanya karya asli
Menggunakan saluran yang tepat dalam melaporkan kecurangan

Pedoman diperbarui 27 Oktober 2016.

itulah kode etik designer yang di tetapkan oleh 99designs dan harus di lakukan oleh semua designer 99designs tanpa terkecuali, jika seorang  designer melanggar kode etik diatas maka dari pihak 99designs akan menjatuhkan sangsi kepada akun designer tersebut. tidak sedikit designer 99designs dari indonesia yang mendapatkan sangsi karena melanggar kode etik tersebut, biasanya dari pihak staf melakukan pemblokiran akun atau suspended akun kepada mereka yang benar-benar telah melakukan pelanggaran yang fatal. maka jangan heran jika suatu saat jika anda melanggar salah satu kode etik diatas dan pihak staf memblokir anda dari situs 99designs.

saya berharap dengan saya membagikan kode etik ini dapat menambah wawasan designer 99designs terutama bagi mereka yang masih baru masuk dalam anggota komunitas 99designs. dengan begitu kita dapat meminimalir pelanggaran-pelanggaran yang dapat menyebabkan kefatalan terhadap akun kita. terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KODE ETIK DESIGNER DI 99DESIGNS."

Post a Comment

loading...