BELAJAR CARA MEMBUAT LOGO UNTUK PEMULA

seperti apa yang saya tulis di artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Logo Sendiri yang menerangkan bahwa logo merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh dalam sebuah perkembangan si pemilik logo. karena logo merupakan berisi dari berbagai hal yang ingin dijelaskan, baik visi, misi,ataupun yang lainnya serta identitas yang diringkas dalam sebuah gambar, icon maupun tulisan yang disebut dengan logo. Kebutuhan untuk logo sekarang ini memang bisa dikatakan meningkat secara signifikan, selain banyak orang yang menyadari betapa pentingnya sebuah logo sekarang ini pun telah banyak sekali bermunculan berbagai komunitas, organisasi, lembaga, serta usaha-usaha kecil maupun besar, yang online maupun yang ofline yang semua itu membutuhkan sebuah logo sebagai identitas.



membuat logopun tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. seperti apa yang saya tulis pada artikel Cara Membuat Desain Logo Yang Baik dan Benar . Ada Kriteria-Kriteria yang harus ada didalam sebuah logo agar logo bisa dianggap sebagai logo yang baik dan benar.

Membuat Logo memang tidak diharuskan dibuat oleh para Designer Logo yang professional, dengan kata lain bahwa dalam mendesain sebuh logo seorang desainer pemulapun dapat melakukannya. asalkan ada kemauan untuk berbuat sesuatu maka saya yakin seorang pemula pun dapat melakukan hal yang luar biasa.

Belajar Cara Membuat Logo Untuk Pemula

Memang tidak begitu mudah dalam pembuatan logo bagi seorang pemula, tetapi hampir semua desainer professional mengalami hal yang sama saat mereka masil dalam tahap pemula. Maka dari itu bukan sesuatu yang mustahil bagi seorang pemula untuk menciptakan sebuah logo bahkan ada kemungkinan bisa menjadi seorang desainer logo yang professional.

Ada beberapa hal yang memang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum desainer pemula melakukan eksekusi dalam membuat logo.

1. Belajar Dasar software untuk membuat logo.

ada beberapa software yang bisa digunakan dalam pembuatan logo, saya tidak menyarankan anda membuat logo secara instan melalui online atapun aplikasi penyedia logo gratisan. Karena memang selain logo yang diciptakan merupakan logo Pasaran atau biasa disebut logo generik yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang tetapi kreatifitas pemula juga tidak bisa lebih berkembang. 

Seperti yang saya sebutkan diatas, ada beberapa software yang bisa digunakan dalam pembuatan logo, tetapi secara umum banyak desainer yang menggunakan 3 software diantaranya Corel Draw, Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop. anda bisa pilih salah satu dari ketiga software tersebut yang sekiranya lebih mudah. sedangkan saya sendiri menggunakan Corel Draw karena memang menurut saya inilah software yang paling mudah dalam pembuatan logo. 

Tidak perlu belajar sampai mahir, tetapi untuk seorang pemula cukup belajar dasar-dasar nya saja. seperi artikel yang pernah saya tulis tentang 3 Dasar Pembuatan Logo Menggunakan Corel Draw. Untuk Pemula cukup mempelajari 3 dasar yang saya bahas di artikel diatas itupun sudah cukup dalam Pembuatan Logo. Tetapi jika anda memilih untuk menggunakan selain software yang saya rekomendasikan diatas pun tidak apa-apa. Pilihlah software yang menurut anda merupakan software yang paling mudah dan dikuasai.

2. Belajar Membuat Konsep

Ini merupakan tahap Belajar yang memang terlihat paling mudah tetapi dalam pelaksanaannya bisa dikatakan cukup merepotkan. belajarlah membuat konsep logo dari yang tersimpel, mudah dan tidak terlalu ribet. Mengingat Kriteria Logo yang baik dan benar salah satunya adalah konsep logo yang simpel dan sederhana. Dalam pembuatan Konsep sebuah logo, bisa bermula dari coret-coretan dikertas kosong dengan berbagai konsep. Sebuah Konsep Logo yang benar adalah logo yang singkron dengan sipemilik logo, ddalam arti kata lain selain Belajar membuat konsep anda juga bisa belajar menentukan untuk siapa logo yang akan dibuat. Selain membentuk sebuah pola logo anda juga bisa langsung belajar mewarnai logo di media kertas yang sudah anda bentuk pola logonya. Begitu juga dengan Konsep pola Logo, warnapun harus sesuai dengan untuk siapa logo tersebut dibuat.

3. Belajar Mendesain Logo langusng di Software

 Setelah Belajar dasar software pembuat logo dan belajar membuat konsep logo, Anda bisa langsung belajar langsung eksekusi menggambar atau mendesain sebuah logo kedalam software pembuat logo. sebagai contoh jika anda menggunakan software Corel Draw, maka anda bisa langsung Belajar Mendesain Logo kedalam aplikasi atau software Corel Draw. Saya rasa tidak terlalu sulit jika anda sudah mempelajari atau sudah mengusai kedua Tahap belajar diatas. 

itulah hal-hal yang harus dipelajari seorang pemula dalam pembuatan logo, Jika salah satunya tidak bisa dikuasai atau dipelajari seorang pemula maka saya berasumsi seorang pemula tidak akan bisa membuat logo, dengan kata lain hal-hal diatas merupakan hal-hal yang sangat penting dalam pembuatan logo.

SIFAT APA SAJA YANG HARUS DIMILIKI DESAINER PEMULA

1. SABAR

seorang desainer pemula harus memiliki sifat sabar dalam belajar cara membuat logo, karena selain harus mempelajari hal-hal dasar, seorang pemula juga harus mengorbankan waktu yang bisa dikatakan tidak singkat.

2. Kreatifitas

Ini adalah sifat yang paling Utama untuk seorang Desainer Pemula. Dalam membuat logo tidak bisa lepas dari kreatifitas yang tinggi. menemukan konsep-konsep baru dan belajar membuatnya, karena setiap konsep sebuah logo lahir dari sebuah kreatifitas.

3. Pantang Menyerah

Seorang Pemula dalam mempelajari apapun itu, pasti akan menemukan hal-hal baru serta permasalahan-permasalahan baru yang belum di ketahui sebelumya. butuh sifat pantang menyerah dalam mengawali semuanya hingga benar-benar dikatakan bisa.

jadi kesimpulannya seorang pemula tidak bisa sekonyong-konyong langsung bisa membuat sebuah karya termasuk logo, walau terlihat simpel dan sepele tatapi dalam pembuatannya butuh sebuah pembelajaran. semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar yang membangun saya sebagai penyemangat saya dalam membuat artikel yang lebih bermanfaat selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "BELAJAR CARA MEMBUAT LOGO UNTUK PEMULA"

  1. sangat jelas sekali.
    saya akan langsung mempraktekannya
    terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  2. iya sama-sama bos, silahkan dipraktekan dan semoga membuat logonya bisa berhasil

    ReplyDelete
  3. Aku bingung nih. Untuk pemula mana yg lebih bagus ya? Adobe illustrator atau corel draw?yg mudah dan lmayan lengkap fiturnya

    ReplyDelete
  4. dua2nya bagus bos, kalok aku sih biasa pake corel

    ReplyDelete
  5. thanks infonya
    kunjungi website kita https://www.uma.ac.id/

    ReplyDelete
  6. Kalau Corel desain nya bagus ga bg?

    ReplyDelete

loading...