4 Alasan Mengapa Semakin Susah Menang Kontes Desain Logo di 99designs

Meraup dolar di dunia maya memang sudah tidak asing lagi di kalangan Freelancer online. banyak sekali cabang usaha yang dapat dilakukan oleh para pekerja online dalam meraup penghasilan. bahkan tidak sedikit dari mereka yang meraih puncak kesuksesan. dari seorang blogger, youtuber sampai seorang desainer online.

hal yang akan kita bahas disini adalah seputar 99designs. saya mengambil judul tersebut karena memang banyak sekali keluhan dari teman2 desainer online di 99designs yang mengeluh karena sekarang ini sulit memenangkan sebuah kontes designs. setelah kita pelajari bersama ada beberapa hal yang memang menjadi alasan dasar permasalahan tersebut.



ada lima alasan dasar mengapa susah memenangkan sebuat kontes desain di 99designs.

1. Desainer Tidak Mau Berkembang

Banyak desainer online yang biasanya mengikuti kontes design online terlalu berambisi dengan hadiahnya saja, padahal ada hal yang tidak kalah penting dari pada hadiah yang di tawarkan. sehingga mereka hanya berfokus pada hadiahnya saja tanpa berfikir bagaimana meningkatkan kualitas dan kuantitas desainnya. padahal kedua hal tersebut merupakan hal yang terpenting agar mereka dapat bertahan dan bersaing dengan desainer lainnya.

Dunia desain Logo tidak bisa lepas dari trend, bahkan hampir setiap tahun desain seorang desainer yang memiliki kepekaan terhadap perkembangan dunia desain dan selalu ada usaha untuk berkembang, akan di pastikan desainer tersebutlah yang akan banyak meraih kemenangan di kemudian hari. begitu sebaliknya desainer yang sama sekali tidak memperhatikan perkembangan desain dan tidak ada usaha untuk berkembang maka sudah dipastikan desainer model seperti ini tidak akan bertahan lama, dan akan mengalami kesulitan untuk winner desain di kontes-kontes selanjutnya.


2. Pesaing Semakin Banyak

inilah alasan yang memang paling mendasar yang tidak dapat di bendung. kontes desain online memang sekarang ini menjadi primadona bagi kalangan pekerja online, karena memang selain tidak memakai modal yang besar, kontes desain ini menawarkan hadiah yang sangat menggiurkan. bagaimana tidak, sekali saja menang sebuah kontes desain di 99design cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. sebagai seorang desainer yang memiliki potensi bisa mencapai 3-4 meraih kemenangan. maka dari itu tidak heran jika kontes di 99design banyak diminati.

semakin banyak pekerja online melirik maka secara otomatis semakin banyak pula orang yang berbondong-bondong masuk mendaftar sebagai desainer di 99designs. dengan begitu desainer yang ikut kontes di 99design semakin bertambah banyak sebagai pesaing kita di sebuah kontes.


3. Desainer Gampang Putus Asa

mengikuti sebuah kontes desain logo online di 99designs itu tidak mudah, selain permintaan CH yang susah untuk di mengerti kita juga di tuntuk untuk bersaing dengan desainer-desainer logo lainnya. tidak tanggung-tanggung, pesaing yang kita hadapi bukan saja desainer lokal tetapi juga desainer manca negara.

Jadi kegagalan dalam mengikuti sebuah kontes desain logo di 99design ini adalah hal yang lumrah, karena memang desainer pesaing kita begitu banyak. rasa putus asa ini sangat mudah datang menghampiri kepada desainer yang gagal. semakin rasa putus asa ini mengiringi kita dalam mengikuti kontes maka rasa percaya diri akan hilang sehingga mental juara pun menjadi mental loser.

Seorang desainer yang hebat adalah desainer yang bisa mengambil manfaat dari sebuah kegagalan, seperti yang saya bahas pada poin 1 bahwa desainer harus bisa berkembang. jika memang desainnya selalu kalah itu artinya ada kekurangan di dalam hasil karya kita. sebagai seorang desainer yang memiliki mental juara tidak langsung putus asa dan hilang semangat, melainkan harus bangkit dan memperbaiki kualitas desainnya.


4. Kurang Fokus

untuk masalah yang satu ini hampir dialami oleh setiap designer 99designs yang ada. Karena untuk mengikuti kontes dalam situs 99designs ini tidak menekan kepada konsekuensi menetap dan tidak ada jaminan bahwa pengontes ini akan selama mendapatkan tempat di 99designs, sehingga tidak menutup kemungkinan kebanyakan designer 99designs mempunyai pekerjaan lain di luar hal tersebut. Sehingga tingkat fokus pekerjaan lambat laun akan terkikis dan semakin berkurang sehingga membuat para designer 99esigns ini semakin sulit untuk memenangkan sebuah kontes


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "4 Alasan Mengapa Semakin Susah Menang Kontes Desain Logo di 99designs"

  1. Malem bang. Saya sudah baca beberapa artikel menarik disini. Sehubungan dengan topik 99designs saya mau tanya... Saya punya akun di99d dan apakah membuat akun lagi dengan ktp atau sim sim sama itu rawan kena suspend. Karena tau sendiri kan bang kalau kesan pertama itu kena limit kontes, dan niat saya mau membuat baru akun di 99d dengan ID yang sama tp dengan portofolio yang berbeda.
    Mohon bantuanya bang...:) Tx

    ReplyDelete

loading...